Perusahaan otomotif Jepang Nissan bakal menjadi salah satu sponsor utama Liga Champions. Perusahaan itu belum mau mengungkapkan nilai kontrak selama empat tahun. Namun besarnya nilai kontrak sponsor saat ini mencapai Rp 843 miliar per musim.
Nissan akan menggantikan Ford, yang akan mengakhiri kerja samanya selama 22 tahun. Perusahaan lain yang juga menjadi sponsor Liga Champions adalah Mastercard, Unicredit, Heineken, Gazprom dan Sony.
Nissan, yang menjadi perusahaan otomotif terbesar kedua di Jepang, berharap kerja sama ini bisa meningkatkan nama perusahaan itu di Eropa. Kesepakatan ini akan berlaku mulai musim 2014-15 sampai musim 2017-18.
Nissan bisa memasang logonya di semua pertandingan Liga Champions, termasuk babak final, sesi latihan sebelum pertandingan dan keuntungan-keuntungan lainnya. Nissan juga menjadi sponsor Piala Super Eropa, yang dimainkan setiap tahun dan mempertemukan juara Liga Champions dan Liga Eropa.
Ajang olah raga lain yang disponsori Nissan adalah Olimpiade Rio pada 2016, tim olimpiade Inggris Raya dan Meksiko, serta ajang sepak bola Piala Afrika. (bbc)