Bagikan:

Mendag: Konsumen di Cirebon Dilindungi oleh BPSK

KBR68H, Cirebon

NUSANTARA

Kamis, 23 Mei 2013 09:47 WIB

Mendag: Konsumen di Cirebon Dilindungi oleh BPSK

konsumen cerdas, pelindungan konsumen, gita wirjawan, cirebon

KBR68H, Cirebon – Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, konsumen cerdas adalah konsumen yang mampu menegakkan hak dan kewajibannya selaku konsumen yakni meneliti barang dan jasa sebelum membeli, memperhatikan label, keamanan, keselamatan, dan lingkungan (K3L). Selain itu, membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan. Hal ini disampaikan Gita Wirjawan pada acara sosialisasi perlindungan konsumen di Bangsal Pagelaran Keraton Kasepuhan Kota Cirebon.

Sedikitnya 400 orang dari tokoh masyarakat lintas etnis dan agama, asosiasi, pelaku usaha, dan pejabat instansi terkait, menghadiri acara tersebut. Pada kesempatan ini pula, Mendag menyampaikan gambaran kondisi perekonomian nasional saat ini. Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi nasional yang tetap tinggi dan jumlah penduduk yang sangat besar, menjadikan daya beli konsumen Indonesia terus meningkat.

“Jumlah penduduk dan daya beli masyarakat Indonesia, menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat menggiurkan bagi pelaku usaha baik dari dalam maupun luar negeri,”katanya.

Gita menjelaskan, Kementrian Perdagangan Republik Indonesia melakukan kebijakan perlindungan konsumen melalui empat pilar yaitu, meningkatkan produk barang/jasa yang berkualitas dan bermanfaat melalui regulasi pro konsumen dan menciptakan kepastian hukum bagi konsumen dan pelaku usaha, mengintensifkan pengawasan peredaran barang/jasa di dalam negeri, meningkatkan edukasi kepada konsumen melalui gerakan penyadaran hak-hak konsumen yang cerdas dan mandiri, serta memperkuat kelembagaan perlindungan konsumen.

Menurutnya, Cirebon merupakan salah satu daerah yang memiliki kemajuan dalam hal perlindungan konsumen karena telah terbentuknya Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota/Kabupaten Cirebon.

Sumber: Radio Suara Gratia

Editor: Doddy Rosadi

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 7

Strategi Perempuan Pengemudi Ojol Mengatasi Cuaca Ekstrem (Bag.4)

Arab Saudi Bangun Taman Hiburan Bertema Minyak di Tengah Laut

Menguji Gagasan Pangan Cawapres

Mahfud MD akan Mundur dari Menkopolhukam, Jokowi: Saya Sangat Hargai

Most Popular / Trending