KBR, Jakarta - Data pengaduan masyarakat yang disampaikan melalui
layanan LAPOR! atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat saat
ini dapat langsung diakses dan diolah dalam format terbuka. Masyarakat
bisa langsung mendapatkan data tersebut melalui Portal Satu Data,
data.go.id .
Saat ini telah tersedia 1.001 dataset berbagai sektor,
antara lain ekonomi, pendidikan, kesehatan, energi, serta kependudukan.
Dengan dirilisnya data pengaduan masyarakat dalam format terbuka, tidak
hanya pemerintah yang dapat memanfaatkan data tersebut tetapi juga dapat
digunakan seluas-luasnya oleh berbagai kalangan, seperti akademisi,
peneliti, investor, dan jurnalis. Dalam rilis yang diterima KBR, data
terbuka ini bermanfaat tidak hanya untuk mendorong transparansi dan
akuntabilitas pemerintah, tetapi juga dapat melahirkan partisipasi
publik.
Masyarakat kini tidak lagi hanya pasif dalam pembangunan, namun juga
dapat berperan aktif menjadi mitra pemerintah untuk mendukung
pembangunan yang lebih efektif. Pengelola laman LAPOR ini berharap
semakin banyak masyarakat yang aktif mengakses dan memanfaatkan data
pemerintah ini.
Aplikasi LAPOR! merupakan sistem aplikasi elektronik berbasis media sosial sebagai saluran aspirasi dan pengaduan masyarakat. Masyarakat bisa melaporkan keluhan tentang program pemerintah di berbagai kanal yang tersedia seperti situs www.lapor.go.id, SMS ke 1708, atau Mobile apps Android dan BlackBerry, serta media sosial Twitter melalui @LAPOR1708, juga Facebook.