KBR68H, Jakarta - Lembaga Pengaduan Publik Ombudsman RI menyebutkan pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik selama 2013 meningkat hampir 100 persen jika dibandingkan tahun 2012.
Anggota Ombudsman RI, Budi Santoso mengatakan, secara keseluruhan pihaknya menerima 4.359 aduan, berbanding 2.209 laporan pada 2012. Sementara, pemerintah daerah menjadi penyumbang terbanyak yang diadukan masyarakat.
"Tersosialisasinya Ombudsman melalui forum seperti ini, mungkin menjadikan masyarakat tahu ada Ombudsman dan melaporkannya. Jadi paling banyak (diadukan-red) pemerintah daerah, yaitu pemerintah kabupaten, lalu kepolisian dan ketiga kementerian/lembaga," ujarnya dalam program Sarapan Pagi KBR.
Budi Santoso memperkirakan meningkatnya jumlah aduan itu dikarenakan perwakilan Ombudsman di daerah sudah semakin banyak. Saat ini, Ombudsman sudah memiliki perwakilan di setiap provinsi, kecuali provinsi Kalimantan Utara.
Data lain menyebutkan Ombudsman RI menerima laporan tiga Kementerian yang paling banyak diadukan sepanjang 2013. Tiga kementerian itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Keuangan.
Editor: Antonius Eko