Bagikan:

Kemendag Genjot Promosi Ekspor di Dalam dan Luar Negeri

KBR68H, Jakarta - Strategi Kementerian Perdagangan untuk mencapai target ekspor nasional 2013 di saat pemulihan ekonomi global adalah dengan konsisten membuka akses pasar di negara-negara non tradisional

NASIONAL

Kamis, 07 Feb 2013 13:43 WIB

Author

Doddy Rosadi

Kemendag Genjot Promosi Ekspor di Dalam dan Luar Negeri

kementerian perdagangan, ekspor, promosi

KBR68H, Jakarta - Strategi Kementerian Perdagangan untuk mencapai target ekspor nasional 2013 di saat pemulihan ekonomi global adalah dengan konsisten membuka akses pasar di negara-negara non tradisional (negara-negara di kawasan Afrika, Asia Selatan, Asia Tengah, Amerika Tengah dan Amerika Latin) serta mempertahankan pasar yang telah ada di negara-negara tradisional (Amerika Serikat, Eropa, China dan Jepang). Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Gusmardi Bustami mengatakan, Kemendag selalu berupaya meningkatkan ekspor produk bernilai tambah dan membangun citra Indonesia sebagai negara produsen yang handal.

Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) telah menyusun program promosi 2013 yang fokus pada fasilitasi berbagai pameran skala internasional baik di dalam maupun luar negeri, misi dagang serta nation branding.

“Implementasi dari ketiga program ini diharapkan mampu memperkenalkan produk dan potensi yang dimiliki Indonesia di mata dunia serta meningkatkan ekspor,” kata Gusmardi dalam keterangan pers yang diterima Portalkbr.com

Fasilitasi Kemendag pada pameran luar negeri antara lain menyiapkan tempat pameran dan membangun Paviliun Indonesia, serta membantu pengiriman barang peserta pameran. Adapun untuk pameran dalam negeri, fasilitasi terbatas pada beberapa pameran besar dan puncaknya adalah penyelenggaran Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan diadakan pada 16- 20 Oktober 2013.

“Penyelenggaraan TEI tahun ini akan mengembangkan konsep dan pola sinergitas yang diharapkan dapat semakin meningkatkan investasi asing dan kinerja industri dalam negeri,” imbuh Direktur Pengembangan Promosi dan Citra, Pradnyawati.

Misi Dagang juga menjadi instrumen penting dalam meningkatkan ekspor nasional, terutama untuk memperkenalkan potensi pasar di negara-negara non tradisional bagi para pengusaha Indonesia. DJPEN secara konsisten memfasilitasi penyelenggaraan Forum Bisnis dan pertemuan one-on-one antara pengusaha Indonesia dengan buyers negara setempat yang dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk memperkenalkan produk, menjalin business networking guna menjajaki kolaborasi bisnis dengan pengusaha lokal.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 7

Strategi Perempuan Pengemudi Ojol Mengatasi Cuaca Ekstrem (Bag.4)

Arab Saudi Bangun Taman Hiburan Bertema Minyak di Tengah Laut

Menguji Gagasan Pangan Cawapres

Mahfud MD akan Mundur dari Menkopolhukam, Jokowi: Saya Sangat Hargai

Most Popular / Trending