KBR, Jakarta - Masalah pelayanan penerbangan merupakan salah satu dari empat besar pengaduan yang masuk ke Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).
Ketua YLKI, Tulus Abadi mengatakan, sebagian besar pengaduan terkait harga tiket dan penundaan jadwal penerbangan. Karena itu, lembaganya mendorong maskapai penerbangan membenahi pelayanan.
"Kalau pengaduan masalah penerbangan saat ini sangat dominan, pengaduannya empat besar di YLKI. Salah satunya soal harga tiket, refund tiket yang sulit, soal bagasi yang sering hilang dan delay.Itukan tidak diurus oleh Kementerian Perhubungan, makanya itu dulu yang diselesaikan, itu persoalan yang mendasar," jelas Tulus Abadi saat dihubungi KBR, Kamis (8/1).
Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menaikkan harga batas bawah tiket penerbangan murah sebesar 40%. Kementerian Perhubungan beralasan, penaikan batas bawah tiket penerbangan murah ini terkait dengan fluktuasi dollar dan upaya peningkatan keselamatan oleh maskapai penerbangan.
Editor: Antonius Eko