KBR68H, Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengaku menerima 900 lebih aduan dari masyarakat tentang kinerja dan pelayanan kepolisian selama 2013. Anggota Kompolnas, Edi Saputra Hasibuan mengatakan keluhan terbanyak seputar pelayanan di Satuan Reserse dan Kriminal. Misalnya keberpihakan dalam menangani kasus dan perilaku koruptif.
"Itu yang kami terima ada sekitar 900 lebih pengaduan dari masyarakat. 90 persennya itu soal pelayanan keprofesionalan mereka. Sebagai rekomendasi kita atas laporan itu, kita minta kepada Kapolri untuk terus membenahi kinerja reserse, agar kinerja reserse ini mendapat perhatian yang bagus dari masyarakat," kata Edi Saputra kepada KBR68H, Rabu (01/01).
Sebelumnya, Ombudsman RI mencatat, selama 2013 pemerintah daerah dan kepolisian merupakan lembaga yang paling banyak dikeluhkan masyarakat. Jumlah laporan yang diterima Ombudsman RI mencapai 1900-an yang mengeluhkan kinerja pemerintah daerah. Sementara kepolisian mencapai 580-an laporan.
Editor: Fuad Bakhtiar