Bagikan:

Treehugger, Mengajak Orang Lebih Ramah Lingkungan

Berawal dari blog pada 2004, www.treehugger.com berkembang menjadi situs sendiri yang kini mampu meraih 60 juta pengunjung unik dan 12 juta page view setiap bulan. Perusahaan media besar di Amerika, Discovery pun membeli situs ini pada 2007 dan mejadi bag

INTERNASIONAL

Rabu, 21 Nov 2012 08:21 WIB

Graham Hill berada dibelakang sukses treehugger. Berlatarbelakang arsitek, Graham lewat treehugger ingin mengajak orang berbuat ramah lingkungan lewat tindakan sehari-hari. Treehugger ditunjukkan untuk memberikan HOPE untuk bumi lebih baik dan semua orang bisa terlibat didalamnya.

Kepada Nita Roshita dari Green Radio, Graham Hill pendiri treehugger.com mengurai cerita dibelakang sukses situs yang mengusung ide nyata sebuah perubahn menuju hidup modern yang ramah lingkungan.

Darimana ide membuat treehugger.com ini? Apakah menemukan hambatan diawal berdiri terutama karena mempromosikan ide hijau?

Treehugger.com dibuat pada 2004 meski ide awalnya justru datang sejak 2003. pada dasarnya situs ini dibuat untuk menjawab beberapa masalah. Seperti juga banyak wirausaha lain yang menemukan masalah yang bikin putus asa lalu mereka membuka usaha untuk menjawabnya sendiri. Begitu juga dengan saya. Saya tahu di luar sana banyak barangbarang yang ramah lingkungan tapi tak ada tempat yang bisa mengumpulkan informasi tentang itu semua.

Sementara para aktivis lingkungan, ilmuwan selalu berkata jangan atau tidak dan menginspirasi perubahan dengan menebarkan ketakutan. Saya menemukan diluar sana banyak hal positif yang diinspirasi oleh harapan atau HOPE. Menurut saya harus ada tempat yang memberikan informasi yang menarik dan menginspirasi dan bisa dilakukan seharihari, menawarkan barang yang bisa mengubah hidup anda menuju masa depan yang lebih modern dan ramah lingkungan. Itulah ide dasarnya.

Sebenarnya kata tree hugger atau pemeluk pohon berasal dari kata hinaan yang biasanya digunakan masyarakat di Amerika Utara. Saya menemukan kata ini menarik dan gampang diingat. Tampilan kami sangat modern loh. Anda tahu kaum hippies adalah pecinta lingkungan selama bertahun tahun. Tapi para pecinta alam ini umumnya sangat eksklusif dan sulit dimasuki orang awam.

Saya ingin membuat tempat dimana siapapun bisa merasa nyaman dan merasa bisa menjadi environmentalis atau penyelamat lingkungan.

Tapi apa arti dari nama Tree Hugger?

Treehugger atau pemeluk pohon sebenarnya adalah kata hinaan atau celaan bagi mereka yang mengubah atau purapura menjadi pohon untuk menghentikan orang masuk dan menebang pohon di hutan. Ada orangorang yang benarbenar memeluk pohon. Bagi banyak orang itu tindakan konyol.

Saya ingin membuat hal yang menyenangkan dengan kata itu dan memberikannya arti positif. Karena menurut saya para pemeluk pohon ini melakukan hal yang luar biasa pintar, mereka punya niat yang baik.

Bagaimana anda bersaing dengan dua perusahaan yang mengusung lingkungan lebih dulu seperti national geographic dan discovery channel?

Dua perusahaan media itu hebat dengan konten yang luar biasa bagus terutama untuk televisi. Dan treehugger sebenarnya jadi bagian dari discovery sejak dibeli 2007 lalu. Menurut saya tak ada persaingan diantara kami. Ada banyak ruang untuk banyak orang dengan angle yang berbeda dan kita membutuhkan perbedaan itu. Jadi sebaiknya kita melakukan hal terbaik pada bidang yang kita kuasai, memiliki tim yang hebat dengan angle yang berbeda dan lakukan semuanya dengan baik. Perusahaan besar itu hebat dalam beberapa hal, tapi perusahaan kecil lebih baik dibidang lain.

Sebagai contoh, treehugger berhasil mendapatkan traffic luar biasa dari yang tadinya tak ada meskipun saat itu discovery sedang melakukan hal yang sama. Jadi saya tak takut bersaing dengan perusaaan besar. Saya merasa selalu ada ruang untuk setiap orang, cobalah untuk menjadi apa hal apa yang berbeda dan khusus untuk dikembangkan.

2004-2007 sampai akhirnya discovery membeli treehugger.com, bagaimana anda membuat perusahaan ini menjadi besar?

Bagaimana kami menjadi besar? Kami berada pada saat dan tempat yang tepat. Kami menangkap trend yang besar. Kami memulainya dengan blog yang kemudian banyak orang me-link blog kami dan terus berkembang. Kami memancing banyak orang untuk melirik isu lingkungan. Kami juga melakukan hal yang luar biasa mengundang banyak orang terkenal, ikon baru.

Sejak hari pertama kami berdiri, kami menjanjikan kepada pembaca bahwa kami akan memberikan informasi green berbasis keseharian dan itu konsisten dilakukan sejak 27 Agustus 2004. Jadi kerja keras itu ditambah timing yang pas sepertinya mendorong perkembangan kami yang cepat saat ini.

Bagaimana cara anda meraih banyak pembaca dan pengunjung website?

Kami mulai dengan 1 orang dan menjalar ke 5-6 juta orang, ini proses organic namanya. Kami hanya menyebarkan artikel dalam jumlah yang besar yang sekarang sudah 60 ribu artikel dan terus mempublikasi 50 artikel saban hari. Kami mengembangkan sistem archive dan pencarian yang baik. Menawarkan banyak orang sistem pencarian yang baik hingga akhirnya kami punya pengunjung situs yang tetap.

Menjaring jumlah pengunjung saat itu memang lebih sulit ketimbang sekarang. Tapi itu semua bukan cuma perkara ada facebook atau twitter tapi lebih banyak konten yang baik dengan sistem archive dan pencarian yang dibutuhkan pengunjung.

Pada awal berdiri ada berapa orang yang terlibat?

Dimulai dengan saya. Lalu saya mengontrak perancang web, programer dan penulis. Hanya beberapa orang diawal. Lalu kami berkembang dari karyawan kontrak menjadi full timer. Dan sekarang menjadi bagian discover jadi makin sulit mencari tahu berapa banyak yang terlibat sebenarnya. Tapi kalau bisa dibilang hanya sekitar 15-25 orang yang setiap saat ada, jadi masih organisasi yang kecil.

Pertama menemukan treehugger.com 2008, saya pikir anda ada sebuah organisasi non profit. Tapi sekarang dilihat kembali, website ini mirip kantor berita. Jadi apakah treehugger ini sebenarnya?

Orang seringkali menganggap kami sebagai organisasi non profit. Tapi itu salah. Kami adalah lembaga profit. Saya senang kami melakukan banyak hal terutama saya pribadi merasa diberikan kesempatan untuk melakukan proyek menakjubkan yang membantu saya mengubah dunia.

Selain itu karena ini lembaga profit, justru memberikan pesan pada masyarakat bahwa ada pasar, ada keuntungan yang bisa diambil dari bisnis green. Kami percaya bahwa kami sudah menjadi bagian dari rancangan bisnis banyak perusahaan yang ramah lingkungan. Kami juga percaya telah membangkitkan semangat para wirausaha yang sebenarnya sudah melaukan hal luar biasa dan membangkitkan semangat orang untuk sesuatu yang bisa diraih, dilakukan harian untuk menyelamatkan bumi. Saya senang kami mengambil jalur profit.

Siapa yang beriklan di tempat anda? Apakah perusahaan besar atau pengusaha kecil?

Klien kami bervariasi. Tentu saja kami selalu mendukung pengusaha kecil terutama waktu awal berdiir. Tapi kami juga tertarik pada perusahaan besar. Jadi keduanya menjadi sasaran klien kami. Bersama Discovery tentu jadi lebih banyak perusahaan besar yang beriklan. Tapi kami juga dilengkapi oleh Goggle Ad dan hal lain yang akan membantu pengusaha kecil untuk bisa gabung dalam situs kami.

Green radio sudah 3 tahun berdiri, ada yang bisa anda sarankan untuk kami agar bisa terus berkembang dan mampu bersaing di era multimedia sekarang?

Saya rasa ada banyak hal menantang bagi media saat ini. Selalu tentang hal mendasar suply dan demand. Suply terus meningkat sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir. Semua orang bisa jadi publisher lewat facebook, twitter dan tumber juga menjamurnya organisasi, ada banyak konten atau materi isi diluar sana. Tapi jumlah pengiklan tak bertambah. Ada banyak suply tapi tak banyak perubahan pada tingkat demand. Media menemukan tantangan lebih berat daripada 7 tahun lalu.

Saya rasa Anda harus mengerti dulu siapa pengiklan yang ingin ada tuju, bagaimana membangun komunitas dalam wilayah demografi yang bakal menarik bagi pengiklan dan harus berhitung tentang efektifitas biaya produksi dari media yang Anda asuh. Sayangnya multimedia itu sangat mahal. Blog itu sangat dasar hanya teks dan gambar tapi bisa dapat banyak traffic. Jadi anda harus paham dimana spot atau tempat paling manis paling pas yang bisa anda investasikan seluruh energi yang ada.

Kami pernah bisa video diawal berdiri dan itu memakan 10 kali energi daripada menulis di blog yang hasilnya justru 10x lebih besar dari segi trafik.

Jadi anda harus paham betul dan cari tahu bagaimana membuat konten yang sesuai dengan budget yang anda punya. Buatlah perhitungan yang pas jika ingin melakukan banyak hal dalam satu waktu (multimedia)

Apakah kemudian kita harus fokus membesarkan satu hal dulu baru menyusul pada hal lain?

Yup bisa jadi, memfokuskan diri adalah hal yang tepat. Anda harus fokus pada hal yang paling anda kuasai, menyasar target demografi yang tepat dan siapa klien anda. Bagaimana melakukan semua itu tentu bukan pekerjaan gampang.

Banyak orang bikin video sekaligus radio. Treehugger radio melakukan kerja yang bagus, Jacob dan tim memberikan konten yang luar biasa. Tapi saya tak bisa bilang 6- juta pengunjung situs saban bulan itu juga adalah pendengar treehugger radio. Jadi kami fokus membesarkan yang sudah ada dan itu penting agar tak banyak dana yang terbuang percuma.

Anda harus ingat tentang distribusi, makin besar trafic distrubusi konten, makin menarik buat pengiklan.

Berapa banyak pengunjung situs treehugger.com per bulan?

Ada sekitar 5-6 juta unique visitor saban bulan dan kami punya 12-15 juta page view tiap bulan. Traffic ini salah satu yang terbesar diluar sana. Bersama Discovery traffic kami makin besar.

Ada kontribusi informasi dari Indonesia?

Saya rasa belum ada dan akan sangat senang bila ada yang mau menulis tentang Indonesia untuk kami. Kami ingin menjadi situs internasional. Jujur tak mudah menemukan penulis yang berdedikasi. Jadi jika Anda atau pendengar Green Radio tertarik menulis untuk treehugger silakan email collin@treehugger.com. Kami ingin jadi rujukan internasional secepatnya.

 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 7

Strategi Perempuan Pengemudi Ojol Mengatasi Cuaca Ekstrem (Bag.4)

Arab Saudi Bangun Taman Hiburan Bertema Minyak di Tengah Laut

Menguji Gagasan Pangan Cawapres

Mahfud MD akan Mundur dari Menkopolhukam, Jokowi: Saya Sangat Hargai

Most Popular / Trending