Bagikan:

Jadwal Kedatangan TransJakarta Dipercepat Jadi 1-3 Menit

KBR68H, Jakarta - Provinsi DKI Jakarta nyatanya belum memiliki sarana transportasi publik yang memadai. Yayasan lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyebutnya, sarana transportasi publik di Jakarta tidak manusiawi.

BERITA

Rabu, 16 Okt 2013 15:25 WIB

Author

Doddy Rosadi

Jadwal Kedatangan TransJakarta Dipercepat Jadi 1-3 Menit

transjakarta, transportasi jakarta, YLKI

KBR68H, Jakarta - Provinsi DKI Jakarta nyatanya belum memiliki sarana transportasi publik yang memadai. Yayasan lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyebutnya, sarana transportasi publik di Jakarta tidak manusiawi.Anggota Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi menuturkan, saat ini sarana transportasi Jakarta seperti busway belum dapat menjawab semua persoalan mengenai transportasi publik, ditambah membludaknya kendaraan pribadi khususnya sepeda motor. Tak heran kemacetan dan kecelakaan sulit dihindari.

Solusi terbaik adalah dengan menyediakan sarana transportasi massal yang memadai, terintegrasi, dan juga terjangkau. Apa upaya yang dilakuka pengelola TRansJakarta dalam mengatasi permasalahan ini? Simak perbincangan penyiar KBR68H Rumondang Nainggolan dan Irvan Imamsyah dengan BLU Transjakarta, Sri Ulina Pinem dala program Sarapan Pagi.

Kabarnya ada penambahan armada, ini kapan dilakukan dan berapa jumlahnya?

Jadi untuk lebih meningkatkan pelayanan Transjakarta serta untuk meminimalkan waktu tunggu penumpang di halte. Transjakarta akan melakukan penambahan bus sebanyak 538 armada yang terbagi menjadi dua, yaitu 178 bus single dan sisanya adalah bus gandeng.

Ini akan disebarkan ke semua koridor atau hanya di koridor-koridor tertentu?

Ini akan kita sebar mulai dari koridor I hingga koridor IX serta ada yang rencananya layanan bus selama 24 jam sebanyak 88 bus.
 
Jadi dipisahkan antara bus yang akan beroperasi di siang hari dengan yang di malam hari untuk yang 24 jam?

Iya betul.

Kalau pengaturan waktunya seperti apa?

Untuk mensukseskan supaya Transjakarta lebih digunakan oleh banyak orang, pertama kita minta dukungan pihak terkait dalam hal ini untuk sterilisasi jalur kita butuh dukungan pihak kepolisian. Kedua kita melakukan penambahan armada yang direncanakan tahun ini sebanyak 538 yang realisasinya dipakai tahun 2014 nanti. Ketiga adalah penambahan SPBG, karena selama ini ada sekitar 669 armada kita itu menggunakan BBG yang hanya dilayani lima SPBG yang itu jauh dari jalur busway sehingga itu juga memakan waktu tunggu bagi penumpang untuk antrian bus kita di lima SPBG tersebut.

Selain itu banyaknya kendaraan pribadi atau angkutan umum lain yang masuk jalur bus Transjakarta. Kabarnya ada upaya peninggian batas jalur bus Transjakarta dan jalur umum, bagaimana saat ini perkembangannya?

Jadi kita mengutamakan pembatas jalan atau separator di jalur-jalur yang memang cukup ramai dan yang sering terjadi kecelakaan. Seperti contoh di koridor VI dengan rute Dukuh Atas-Ragunan, ini dilakukan penambahan atau peninggian separator secara bertahap oleh Dinas Perhubungan. Ini sebenarnya salah satu cara untuk meminimalkan angka kecelakaan di jalur busway.  
 
Idealnya berapa jumlah bus Transjakarta yang harus dimiliki untuk memenuhi kebutuhan para pengguna bus Transjakarta?

Dengan adanya penambahan lebih dari 500 armada ini berarti ditotalkan bus kita akan lebih dari 1.000 unit. Diharapkan dengan penambahan ini cukup ideal untuk mengangkut penumpang-penumpang kendaraan umum yang memang saat ini belum maksimal pelayanannya, serta kita berharap pengguna kendaraan pribadi terutama pemotor itu bisa meninggalkan kendaraannya di kantung-kantung parkir yang telah disediakan.

Berarti akhir tahun ini paling cepat ya?

Kita harapkan akhir tahun ini.

Apakah ada pengaturan nantinya direncanakan seperti kereta yang datang per 15 menit? apakah ada target pengaturan waktu?

Jadi kalau saat ini yang sudah mulai kita terapkan untuk jadwal kedatangan yang terjadwal itu sudah direalisasikan di Koridor I jurusan Kota. Di bus itu kita sudah memasang CCTV dan itu bisa terpantau secara langsung oleh penumpang di halte-halte. Kita harapkan dengan penambahan ini jarak kedatangan bus ini bisa dipercepat untuk jam sibuk itu 1-3 menit kedatangannya, untuk di jam lowong bisa sekitar 1-5 menit.

Per harinya ini Transjakarta bisa mengangkut berapa penumpang?

 
Mengangkut per hari sekitar 320 ribu penumpang.
 
Itu meningkat setiap harinya?

Sebenarnya terjadi penurunan. Karena memang terjadi perpindahan antara pengguna busway ke pengguna feeder kita yaitu APTB dan Kopaja.

Intinya tetap pada penggunaan angkutan umum ya?


Iya.
 
Dengan target penambahan bus Transjakarta ini berapa target penambahan penumpang yang ingin dicapai tahun depan?

Sebenarnya target kita memang targetnya 1 juta penumpang per hari, tapi itu semua butuh dukungan dari banyak pihak dulu.
 
Bus tambahan ini nantinya akan didatangkan dari mana? apakah ini juga memang bus-bus yang baru?

Jadi untuk 538 armada ini terbagi menjadi bus yang memang didatangkan oleh konsorsium kita yang memenangkan lelang. Beberapa paket bus akan diadakan oleh pemda sendiri dalam hal ini Dinas Perhubungan dan Tranjakarta Busway Jakarta sendiri. Seluruh bus ini adalah bus baru yang didatangkan dari luar karena kita punya spesifikasi khusus untuk bus Transjakarta.

Dari luar ini maksudnya dari negara mana?

Didatangkan dari Cina.
    

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 7

Strategi Perempuan Pengemudi Ojol Mengatasi Cuaca Ekstrem (Bag.4)

Arab Saudi Bangun Taman Hiburan Bertema Minyak di Tengah Laut

Menguji Gagasan Pangan Cawapres

Mahfud MD akan Mundur dari Menkopolhukam, Jokowi: Saya Sangat Hargai

Most Popular / Trending