Bagikan:

Inilah Tips dari Google Indonesia agar Situs Banyak Pengunjungnya

KBR68H, Jakarta - Mengandalkan radio saja sebagai media informasi, ternyata tidaklah cukup. Apalagi kian memboomingnya situs jejaring soal seperti facebook atau twitter.

BERITA

Senin, 29 Apr 2013 13:05 WIB

Author

Doddy Rosadi

Inilah Tips dari Google Indonesia agar Situs Banyak Pengunjungnya

google indonesia, situs berita, pengunjung

KBR68H, Jakarta - Mengandalkan radio saja sebagai media informasi, ternyata tidaklah cukup. Apalagi kian memboomingnya situs jejaring soal seperti facebook atau twitter.  Belum lagi, hampir tiap orang sekarang kini menggunakan ponsel dengan layanan internet untuk mendapat infomasi teraktual.  Sejumlah radio pun rupanya mulai merambah situs online. Termasuk KBR68H yang kini punya Portalkbr.com. Lalu bagaimana mengelola news portal sehingga ramai dikunjungi? Simak perbincangan KBR68H dengan juru bicara Google Indonesia Vishnu K Mahmud dalam program Sarapan Pagi

Saran atau masukan apa supaya sebuah situs itu ramai dikunjungi pengunjung internet?

Google adalah mesin pencari, banyak pengguna internet menggunakan Google atau mesin-mesin pencari lainnya untuk mencari informasi atau berita yang mereka inginkan. Salah satu cara supaya website itu ramai dikunjungi paling tidak website-nya dioptimalkan supaya gampang dicari. Google selalu menelusuri dunia internet untuk diindeks supaya gampang dicari oleh pengguna web. Jadi kalau situs web sudah optimal untuk dicari mesin pencari akan lebih gampang dan rating lebih tinggi. Kita sebenarnya sudah web master tools yang ada di situs Google dan itu adalah panduan gratis yang bisa di-download dalam bentuk PDF. Ada beberapa tips supaya situsnya lebih gampang dicari, misalnya situsnya sebaiknya di-update secara berkesinambungan setiap hari karena itu pasti akan mendapatkan rating lebih tinggi daripada situs yang jarang posting baru, gunakan judul yang singkat tapi deskriptif, optimalkan penggunaan gambar, buatlah situs agar lebih mudah dinavigasi. Semua ini bisa membantu untuk meningkatkan hasil pencarian organik dari Google atau mesin pencari lainnya.

Kalau dulur di media cetak judul tidak lebih dari tujuh kata, bagaimana dengan judul yang online?

Kalau untuk online, karena salah satu tugas Google adalah untuk memberikan informasi yang diinginkan oleh pengguna kalau judulnya singkat dan deskriptif akan lebih gampang diolah, kalau itu dicari sesuai dengan apa yang diinginkan sama pencari maka itu yang akan keluar. Kalau bisa judulnya bukan hanya untuk beritanya, tapi juga sesuai kalau si pencari mencari misalnya informasi kasus A supaya lebih gampang dicarinya mesin pencari. Kalau bisa dimasukkan ke dalam meta tag setiap halaman-halaman.
 
Di Indonesia situs berita luar biasa banyaknya, seberapa besar tingkat persaingannya?

Saya rasa kalau lihat dari situs berita itu masalahnya bagaimana berita itu bisa masuk ke Google atau paling tidak dibaca para pembaca. Karena banyaknya berita dan medianya itu kompetisinya sangat tinggi, tapi kalau bisa dioptimalkan dan gampang dicari. Misalnya ada kasus korupsi baru pengguna internet Indonesia ingin tahu lebih banyak lagi mereka pasti akan ketik 3-4 kata kunci. Kalau beritanya itu termasuk dalam 3-4 kata kunci pasti akan keluar lebih dulu dalam hasil pencarian, situs web dioptimalkan sebaik-baiknya. Ini bukan proses sekali, ini paling tidak setiap bulan dan setiap minggu.

Dalam pencarian kata kunci di Google adakah simbol-simbol tertentu?

Saya rasa yang penting itu ada kata-kata kunci yang bukan hanya deskriptif tapi konsisten. Jadi kalau situs web misalnya menggunakan kata kunci konsisten untuk kasus si A, asalkan semua berita yang terkait menggunakn kata kunci yang sama itu akan lebih gampang dicari, mungkin rating akan lebih bagus.
        
Salah satu yang cukup banyak dibicarakan adalah potensi revenue yang bisa didapat Google yang kita sebut adsense. Bisa anda jelaskan apa yang disebut Adsense?


Sumber pendapatan Google adalah iklan. Kita ada dua hal, satu itu Adwords dimana ada bisnis yang mau iklan di Google, tapi Adsense adalah jaringan untuk display atau menampilkan iklan. Jadi kalau ada blog, situs berita, situs e-commerce mau menampilkan dari pihak ketiga mereka menggunakan Adsense. Kalau Google Adsense itu memiliki jutaan spot iklan di seluruh dunia ada jutaan situs dalam jaringan display kita itu termasuk teks, gambar, video, dan interaktif. Untuk masuk ke dalam program Adsense, untuk mendapat revenue share itu pihak blogger atau situs web tinggal registrasi saja di adsense.google.com dan isi semua informasinya. Google Adsense itu akan melihat, karena kita tidak mau situs yang tidak bertanggung jawab, kalau bonafit akan dimasukkan programnya. Jadi program Adsense itu Google akan bertindak sebagai perwakilan penjualan iklan, jadi website  tidak harus berurusan dengan pengiklan itu sendiri.

Anda tadi sebut Google tidak mau memasang iklan di situs-situs yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Artinya ada verifikasi?

Iya pasti ada verifikasi. Karena kita inginnya supaya si pengiklan mendapat benefit dan juga dari si pemasang iklan juga. Kita biasanya kalau bisa mencoba memberikan kalau misalnya ada seorang mencari hotel murah di Bali, di iklan Google yang akan keluar hanya iklan hotel murah di Bali, tidak ada iklan yang lainnya. Kalau misalnya di dalam program Adsense coba kalau ada meta tag berita itu tentang Bali, kalau bisa di situsnya juga tentang Bali apa itu hotel, sewa mobil.    

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 7

Strategi Perempuan Pengemudi Ojol Mengatasi Cuaca Ekstrem (Bag.4)

Arab Saudi Bangun Taman Hiburan Bertema Minyak di Tengah Laut

Menguji Gagasan Pangan Cawapres

Mahfud MD akan Mundur dari Menkopolhukam, Jokowi: Saya Sangat Hargai

Most Popular / Trending